BoomWich

Informasi Otomotif Terupdate
Artikel

Kisaran Biaya Perbaikan Mobil yang Kena Banjir

JAKARTA, boomwich.com – Pada Kamis (2/1/2020), beberapa tempat yang terpengaruh banjir di DKI Jakarta serta sekelilingnya mulai terlihat surut serta dapat dilalui kendaraan. Kendaraan yang berhenti sebab nekat menerjang banjir, atau mobil-mobil yang tenggelam sebab derasnya banjir harus selekasnya diatasi untuk kurangi kekuatan kerusakan lebih fatal. Denny Sulistyo, Kepala Bengkel Honda Jakarta Center di Jl. Pangeran Jayakarta Jakarta Pusat, menjelaskan ada banyak step penelusuran buat mobil yang terbenang banjir.

“Kalau dalam tempat kami, waktu mobil terserang banjir ada tiga tingkatan, level satu hanya terkena banjir 1/2 ban. Di level satu ini, umumnya yang memiliki masalah bidang pengereman serta kelistrikan saja,” katanya pada Kompas.com baru saja ini Denny menjelaskan, dalam keadaan mudah sama dengan penelusuran level satu, dampak banjir pada mobil cuma tentang sisi exterior saja, sesaat interiornya masih aman. Penelusuran skema pengereman mempunyai tujuan untuk pastikan rem masih juga dalam keadaan baik serta bisa kerja optimal. Sesaat penelusuran skema kelistrikan mempunyai tujuan untuk pastikan semua peranan elektrikal kerja secara baik.

Karena menurut dia seringkali berlangsung pada mobil yang habis menerjang banjir, lampu tanda di panel depan menyala, sinyal ada suatu hal yang tidak berperan. “Kalau masih level satu ongkos jasanya seputar Rp 800.000-an, belum terhitung pergantian elemen bila diperlukan,” kata Denny. “Kalau level dua, air telah masuk sampai interior atau dek. Berarti karpet kerendem, jok basah, serta harus dirombak semua agar dapat dikeringkan. Biayanya seputar Rp 2 juta-an, terhitung penelusuran sama dengan level satu,” katanya.

Sedang untuk penelusuran level tiga, menurut Denny biayanya dapat sampai Rp 5 juta-an. Penelusuran dikerjakan lengkap baik dari bagian exterior, interior, sampai mesin. Pada level ini, kerusakan paling kronis yang dikarenakan banjir ialah water hammer. Dampak lebih kronis parah setang piston dapat patah serta mengakibatkan baret pada dinding silinder. “Kejadian ini berlangsung sebab kebanyakan air yang masuk ke ruangan mesin, hingga mengakibatkan kompresi yang tinggi, sampai membuat setang piston bengkok,” tuturnya. “Semua akan kami lihat, terhitung mesin. Umumnya jika mesin kemasukan air, butuh turun 1/2 mesin, kelak terhitung overhaul. Jika sampai terkena water hammer harus turun semua, ongkos turun mesin seputar Rp 5 juta-an, belum terhitung pergantian elemen,” tutur Denny.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *